Laporan Akhir 1 Modul 3 Praktikum Sisdig



1. Jurnal[Kembali]

Jurnal Percobaan 1


2. Alat dan Bahan[Kembali]

  1.  Panel DL 2203C 
  2.  Panel DL 2203D 
  3.  Panel DL 2203S
      4. Jumper

3. Rangkaian Simulasi[Kembali]

4. Prinsip Kerja Rangkaian[Kembali]

Counter asynchronous, atau ripple counter, terdiri dari empat flip-flop (misalnya, T atau JK flip-flop) yang mewakili empat bit, sehingga mampu menghitung dari `0000` hingga `1111` (0 hingga 15 dalam desimal). Pada counter ini, setiap flip-flop dipicu oleh keluaran dari flip-flop sebelumnya, bukan oleh clock yang sama. Dengan demikian, setiap bit akan berubah secara berurutan sesuai dengan sinyal dari flip-flop sebelumnya pada setiap perubahan clock dari tinggi ke rendah (kondisi falling). Pada kondisi falling pertama, flip-flop pertama akan berubah kondisi, diikuti flip-flop kedua pada kondisi falling berikutnya, dan seterusnya hingga semua bit mencerminkan hasil perhitungan biner dari clock. Karena perubahan setiap flip-flop menunggu sinyal dari flip-flop sebelumnya, counter asynchronous mengalami efek delay yang semakin besar seiring bertambahnya bit. Secara keseluruhan, counter ini akan menghitung dari `0000` hingga `1111` secara biner, dengan perubahan setiap bit terjadi pada kondisi falling clock dan setiap flip-flop bergantung pada keluaran dari flip-flop sebelumnya.

5. Video Rangkaian[Kembali]




Video Perkenalan




Video Percobaan

6. Analisa[Kembali]

Percobaan 1 







7. Download File[Kembali]

1. Download file LA Unduh

2. Download video rangkaian Unduh 

3. Download datasheet J-K Flip-Flop Unduh

4. Download datasheet LED Unduh

5. Download datasheet switch Unduh

6. Download datasheet logicprobe Unduh


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Besar ( Dispenser Otomatis)

Modul 2 Praktikum Sistem Digital

Sub Bab 2.9 Clampers