Laporan Akhir Percobaan 1 Modul 1 Sistem Digital



1. Jurnal[Kembali]






2. Alat dan Bahan[Kembali]




  1.  Panel DL 2203C 
  2.  Panel DL 2203D 
  3.  Panel DL 2203S
  4.  Kabel Jumper

3. Rangkaian Simulasi[Kembali]



4. Prinsip Kerja Rangkaian[Kembali]

1. Gerbang NOT

Pada gerbang NOT keluarannya(output) akan selalu berlawanan dengan masukkannya(input). jika B1 bernilai 0 maka outpunya akan bernilai 1, sedangkan jika B1 bernilai 1 maka outputnya akan bernilai 0.

2. Gerbang AND

Pada gerbang AND prinsip yang digunakan adalah perkalian Aljabar Bolean. Jika salah satu inputnya bernilai 0 maka outputnya pasti akan selalu bernilai 0. Jika :
B1 = 0, B0 = 0 outputnya akan bernilai 0
B1 = 0, B0 = 1 outputnya akan bernilai 0
B1 = 1, B0 = 0 outputnya akan bernilai 0
B1 = 1, B0 = 1 outputnya akan bernilai 1

3. Gerbang OR

Pada gerbang OR prinsip yang digunakan adalah penjumlahan Aljabar Bolean. Jika salah satu inputnya bernilai 1 atau lebih  maka outputnya akan selalu 1. Jika :
B1 = 0, B0 = 0 outputnya akan bernilai 0
B1 = 0, B0 = 1 outputnya akan bernilai 1
B1 = 1, B0 = 0 outputnya akan bernilai 1
B1 = 1, B0 = 1 outputnya akan bernilai 1

3. Gerbang XOR

Gerbang XOR adalah gerbang OR yang bersifat exlusif, di mana keluarannya akan nol jika  masukannya  bernilai  sama,  dan  jika  salah  satu  masukannya  berbeda  maka keluarannya akan bernilai 1. Jika :
B1 = 0, B0 = 0 outputnya akan bernilai 0
B1 = 0, B0 = 1 outputnya akan bernilai 1
B1 = 1, B0 = 0 outputnya akan bernilai 1
B1 = 1, B0 = 1 outputnya akan bernilai 0

4. Gerbang NAND

Gerbang NAND adalah gerbang AND yang digabungkan dengan gerbang NOT, di mana keluarannya berkebalikan dengan output gerbang AND. Jika :
B1 = 0, B0 = 0 outputnya akan bernilai 1
B1 = 0, B0 = 1 outputnya akan bernilai 1
B1 = 1, B0 = 0 outputnya akan bernilai 1
B1 = 1, B0 = 1 outputnya akan bernilai 0

5. Gerbang NOR

Gerbang NOR adalah Gerbang OR yang digabungkan dengan gerbang NOT, di mana keluarannya berkebalikan dengan output gerbang ORJika :
B1 = 0, B0 = 0 outputnya akan bernilai 1
B1 = 0, B0 = 1 outputnya akan bernilai 0
B1 = 1, B0 = 0 outputnya akan bernilai 0
B1 = 1, B0 = 1 outputnya akan bernilai 0

5. Gerbang XNOR

Gerbang XNOR adalah Gerbang XOR yang bersifat exlusif, di mana keluarannya berkebalikan dengan output gerbang XORJika :
B1 = 0, B0 = 0 outputnya akan bernilai 1
B1 = 0, B0 = 1 outputnya akan bernilai 0
B1 = 1, B0 = 0 outputnya akan bernilai 0
B1 = 1, B0 = 1 outputnya akan bernilai 1

5. Video Rangkaian[Kembali]



Video perkenalan


Video Rangkaian


6. Analisa[Kembali]

Percobaan 1 
1. Analisa percobaan output pada tabel pertama percobaan 1!
    Jawab :
Tabel pertama pada percobaan terdapat 7 buah output, di antara nya:
a. Output Not
    Output yang di hasilkan setelah percobaan sesuai dengan teori yang di ajarkan yaitu gerbang NOT meng inverskan inputnya.

b. Output AND
    Output yang di hasilkan setelah percobaan sesuai dengan teori yang di ajarkan. Dibuktikan dengan ketika salah satu saja input bernilai nol maka lampu ppada H2 tak akan hidup.

c. Output OR
    Output yang di hasilkan setelah percobaan sesuai dengan teori yang di ajarkan. Ketika salah satu saja input berlogika 1 maka output H3 akan menyala

d. Output NAND
    Output yang di hasilkan setelah percobaan sesuai dengan teori yang di ajarkan. Output yang di hasilkan merupakan hasil operasi AND yang di NOT kan kemudian di H4

e. Output NOR
    Output yang di hasilkan setelah percobaan sesuai dengan teori yang di ajarkan. Output yang di hasilkan merupakan hasil operasi OR yang di NOT kan kemudian di H5

f. Output XOR
    Output yang di hasilkan setelah percobaan sesuai dengan teori yang di ajarkan. sesuai dengan teori bahwa ketika penjumlahan input bernilai ganjil maka output bernilai 1, sedangkan jika penjumlahan input bernilai genap maka output bernilai nol pada output H6

g. Output XNOR
    Output yang di hasilkan setelah percobaan sesuai dengan teori yang di ajarkan. Output yang di hasilkan merupakan hasil operasi XOR yang di NOT kan kemudian di H7


2. Analisa Pengaruh Clock untuk setiap output pada gerbang logika
    Jawab:
a. Gerbang NOT
    bentuk Output berlawanan dengan clck, ketika clock bernilai nol maka output 1

b. Gerbang AND
    -bentuk output ketika B1=0 adalah sinyal lurus pada logika 0, karena perkalian aljabar boolean
    -bentuk output ketika B1=1 adalah sama dengan bentuk clock karena perkalian aljabar boolean

c. Gerbang OR
    - Bentuk output ketika B1=0 adalah sama dengan bentuk sinyal clock, karena prinsip penjumlahan aljabar boolean
    - Bentuk Output ketika B1=1 adalah garis lurus pada logika 1 karena salah satu input bernilai 1 sesuai penjumlahan aljabar boolean

d. gerbang XOR
    - Bentuk output ketika B1= 1 adalah kebaliakan dari bentuk clock sesuai dengan prinsip XOR
    - Bentuk output ketika B1=0 adalah sama dengan bentuk sinyal clock , ketika clock 0 maka output juga nol.

e. Gerbang NAND
    - Bentuk Output ketika B1=0 adalah garis lurus logika 1, karena outputnya gerbang AND yang di NOT kan
    - Bentuk Output ketika B1=1 adalah kebalikan dari sinyal clock

f. Gerbang NOR
    - Bentuk Output ketika B1=0 adalah kebalikan dari sinyal clock, karena sesuai dengan prinsip gerbang OR yang di NOT kan.
    - Bnetuk output ketika B1=1 adalah sama dengan sinyal clock. contoh nya : 1+0 = 1, kemudian di NOT kan menjadi 0

g. Gerbang XNOR
    - Bentuk output ketika B1=0 adalah kebalikan dari sinyal clock. ketika clock 0, maka output 1. sesuai dengan prinsip penjumlahan eksklusif yang di NOT kan.
    - Bentuk Output ketika B1 = 1 adalah sama dengan sinyal clock. sesuai dengan prinsip kerja XNOR

7. Download File[Kembali]

1. Download file LA Unduh

2. Download video rangkaian Unduh 

3. Download datasheet gerbang AND Unduh

4. Download datasheet gerbang OR Unduh

5. Download datasheet gerbang NAND Unduh

6. Download datasheet gerbang NOR Unduh

7. Download datasheet gerbang XOR Unduh

8. Download datasheet gerbang XNOR Unduh

9. Download datasheet switch Unduh

10. Download datasheet logicprobe Unduh













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Besar ( Dispenser Otomatis)

Modul 2 Praktikum Sistem Digital

Sub Bab 2.9 Clampers